Iklan Clarion

16.265 Anak di Buton Sudah Imunisasi MR

SULTRAKINI.COM: BUTON – Sebanyak 16.265 anak di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), telah mendapatkan imunisasi measles rubela (MR) dari dinas kesehatan.

Hal tersebut, sudah mencapai 55 persen dari target 27.464 anak pada tahap pertama di Bulan Agustus 2018.

“Yang sudah lakukan imunisasi MR sampe hari ini sebanyak 16.265 anak dari target 27.464 anak atau sudah mencapai 55 persen,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Buton, Sumardin, kepada SultraKini.com di ruang kerjanya, Senin (20/8/2018).

Menurut Sumardin, pihaknya akan mencapai target yang telah ditentukan tersebut, meskipun waktu pada tahap pertama sudah tinggal menghitung hari. Untuk itu, pihaknya melalui tenaga-tenaga kesehatan di masing-masing Puskesmas turun langsung ke sekolah-sekolah atau tempat-tempat yang telah ditentukan untuk melakukan imunisasi.

“Saya yakin bisa capai target, untuk itu kami terus menjemput bola, karena memang imuninasi MR ini sangat penting bagi kekebalan anak khususnya anak diusia sasaran 9 bulan sampe kurang dari 15 tahun,” katanya penuh yakin.

Dijelaskannya, salah satu dampak bagi anak yang tidak mendapatkan imunisasi MR yaitu antara lain akan mengalami kelainan jantung, tuli, kerusakan jaringan otak, radang paru-paru, radang otak, kebutaan, diare, dan gizi buruk.

Untuk itu, Sumardin mengimbau kepada seluruh pihak, terutama orang tua siswa agar tidak takut membawa atau mengizinkan anak-anaknya ke tempat-tempat imunisasi yang telah ditentukan.

Dirinya mengaku, bahwa sebelum melakukan imunisasi MR kepada anak terlebih dulu dilakukan sosialisasi, dan yang terpenting adalah mendapat izin dari orang tua siswa sebelum imunisasi dilakukan.

“Kami juga selalu melakukan koordinasi sebelum melakukan imunisasi, dan yang pasti mendapat izin dari orang tua siswa sebelum imunisasi dilaksanakan,” jelasnya.

Untuk diketahui, target pemberian imunisasi MR di Kabupaten Buton pada 2018 ini yaitu sebanyak 35.361 anak yang akan dilanjutkan pada tahap dua yaitu September mendatang.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.