Pilkada koltim

AS Tamrin Minta Pokdarwis Berperan Ciptakan Kenyamanan untuk Menarik Wisatawan

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Wali Kota Baubau, AS Tamrin menilai terciptanya suasana damai dan nyaman dapat meningkatkan rasa aman bagi calon wisatawan untuk berkunjung di Kota Baubau.

Tugas itulah yang harus diwujukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang baru saja dikukuhkan pada Sabtu, (3/10/2020) malam, di Terminal Kawa Lingka Waramosio, Kelurahan Kadolomoko, Kecamaran Kokalukuna.

AS Tamrin menitip pesan agar anggota dari Pokdarwis ini dapat menyampaikan harapan itu kepada saudara-saudaranya untuk mendukung pemerintah dengan membentuk perdamaian.

“Sehingga ada timbal balik antar Pemkot dan lembaga ini. Pemkot dengan segala programnya kan memberdayakan adik-adik. Sementara adik-adik sekaligus menjadi agen perdamaian,” pesan Tamrin pada anggota Pokdarwis, usai mengukuhkan.

Menurutnya, pariwisata dapat berkembang salah satu saratnya adalah adanya kedaimain dan kenyamanan dalam suatu daerah itu sendiri.

“Kalau daerah anarkis maka wisatawan akan menarik diri. Mereka (wisatawan) akan datang kalau aman, nyaman, tidak ada bentrok, tidak ada intoleran,” jelasnya.

Kata Tamrin, sudah menjadi tugas dan peran masyarakat menciptakan suasana damai dalam kota. Sementara pemerintah bagaimana melayani dengan membuat suasana nyaman pula.

Pilkada

Dengan terbentuk lembaga ini, Wali Kota dua periode itu mengaku Pemkot dapat berkolaborsi secara baik sehingga tercapai kehidupan yang aman dan nyaman.

“Pemerintah juga harus seirama, jangan jalan sendiri-sendiri. Ini kalau ada kerusuhan yang tidak ada ujung pangkalnya, ada kerusakan fasilitas kan kita sendiri yang malu,” kata Tamrin.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Kelurahan Kadolomoko yang baru saja dikukuhkan, Ilman Jaya Mahuri mengatakan pihaknya siap mendukung Pemkot Baubau dalam mengembangkan pariwisata.

“Tujuan kami sebagaimana memang sebelumnya telah berkomunimasi dengan ibu Lurah agar bagaimana kita bisa promosikan pariwisata disini dibawah bimbingan dinas pariwisata,” terangnya.

Ilman mengatakan, timnya juga akan mempublikasikan dan mempromosikan pariwisata melalui sosialisasi dan melalui media promosi sosial medi, seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Ilman mengungkap terdapat 16 wisata yang siap dikembangkan di Kecamatan Kokalukuna. Beberapa diantaranya yaitu Gua.

“Apalagi rata-rata gua yang ada disekitar Kelurahan Kadolomoko memiliki ciri khas tersendiri yang kedepannya akan diusulkan untuk menjadi salah satu cagar budaya,” tutup Iman. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.