Butur Fishing Community Dibentuk, Dinas Perikanan Buka Peluang Kerja Sama

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Buton Utara Fishing Community (Komunitas pemancing) kini menjadi komunitas baru di Kabupaten Buton Utara (Butur). Komunitas ini baru terbentuk melalui musyawarah mufakat beranggotakan 25 orang, Selasa (17/9/2019).

Ketua terpilih Butur Fishing Community, Sudarwin, mengatakan tujuan utama dibentuknya komunitas tersebut, yakni menjaga lingkungan laut, mengedukasi masyarakat dari pengeboman ikan, berkolaborasi dengan dinas pariwisata terkait wisata mancing.

“Berikutnya mungkin kita juga bisa mengadakan lomba mancing, itu bagian dari program kami,” ujar Sudarwin yang juga Kepala Seksi Pengelolaan Ruang Laut, Dinas Perikanan Kabupaten Butur.

Pihaknya juga memetakan daerah-daerah rawan illegal fishing di Butur untuk didiskusikan dengan kepala desa, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat.

“Ini urusan kita semua masyarakat Butur mempunyai adil bahwa harus terus menjaga laut, kalau hanya sebatas BFC tidak punya daya. Semua harus punya rasa yang sama bahwa kita terus menjaga laut untuk anak cucu kita nantinya,” ucapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Butur, Karya Jaya Hasan menyambut baik terbentuknya Butur Fishing Community. Termasuk bisa berkolaborasi dengan Pemda Butur khususnya Dinas Perikanan dalam hal menjaga kelestarian laut.

“Saya bahagia bisa bertemu dengan kawan-kawan komunitas malam ini, baiknya kegiatan ini dilakukan secara intens untuk berdiskusi membahas tentang bagaimana melestarikan laut kita di Buton Utara,” jelas Karya Jaya Hasan.

“Ke depan akan menjadi partner kami untuk memecahkan masalah dalam kelautan dan menciptakan kelestarian laut di Buton Utara. Tetap menjalin kerja sama dengan dinas terkait,” sambungnya.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.