Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Dinilai Gagal, Tiga OKP Tolak Ichsan sebagai Carateker KNPI Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Tiga organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) menolak Ichsan W Hasan Mbou sebagai Carateker Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Buton. Ketiga OKP itu yakni Aisyiyah Muhammadiyah Buton, Pemuda Muhammadiyah Buton dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Buton.

Ketua PC IMM Buton, La Ode Sulman, mengatakan penolakan tersebut karena Ichsan sebelumnya telah gagal melaksanakan musyawarah daerah (musda) saat menjabat sebagai Carateker KNPI Buton. Sehingga, ia menganggap DPD KNPI Sulawesi Tenggara tidak tepat menunjuknya kembali.

“Kita menolak, karena ini sudah dua kali dengan ini, dan sebelumnya gagal melaksanakan musda, kenapa hari ini DPD Sultra menunjuk dia (Ichsan) lagi sebagai carateker,” kata Sulman kepada Sultrakini.com melalui sambungan telepon, Rabu (14/8/2019).

Selain itu kata Sulman, komposisi kepengurusan DPD KNPI Buton juga dimana Ichsan selaku carateker dianggap tidak tepat. Sebab, tidak ada dari perwakikan OKP lainnya. Namun, hanya satu paguyuban atau dari satu kelompok saja.

“Komposisinya juga kita pertanyakan, karena kayaknya hanya dari satu paguyuban atau dari satu kelompok saja. Padahal berbicara roh KNPI itu adalah para OKP,” ucapnya dengan nada tanya.

Untuk itu lanjut Sulman, pihaknya berharap DPD KNPI Sultra mempertimbangkan kembali penunjukan Ichsan sebagai carateker dan mencari figur yang lebih pantas sehingga kegagalan yang sama tidak terulang lagi.

“DPD KNPI Sultra agar lebih kreatif lihat figur, jangan hanya karena ada kedekatan maka langsung dikasih jabatan,” sarannya.

Menanggapi hal itu, Carateker KNPI Buton Ichsan mengatakan, walaupun OKP dimaksud menolak dirinya. Dia dan pengurus lainnya tetap akan menjalankan amanah yang telah diberikan KNPI Sultra. Salah satunya melaksanakan musda.

“Biarkan saja mereka tolak, tetap saya jalan, dan yang pasti tahapan Rapimda Musda tetap saya laksanakan,” kata Ichsan.

Terkait komposisi kepengurusan KNPI Buton, menurut dia itu sudah tepat. Sebab, jabatan carateker itu ada perwakilan dari provinsi, sementara yang lainnya dari daerah.

“Soal komposisi, kenapa baru sekarang dipersoalkan, kemarin-kemarin adem ayem aja,” katanya dengan santai.

Meski begitu lanjut Ichsan, dalam pelaksanaan musda yang direncanakan Oktober 2019 nanti, pihaknya akan mengundang seluruh OKP di Buton. Tapi, bagi OKP yang menolak, konsekwensinya tidak dimasukan dalam kegiatan tersebut.

“Memang jumlah OKP di Buton kontradiksi dengan provinsi, makanya saya akan verifikasi nanti. Jadi bagi OKP yang menolak, dia (OKP) kasih jelas memang kepengurusannya, sekretariatnya, nanti saya berkunjung,” pungkasnya.

Seperti diketahui, DPD KNPI Sultra telah menunjuk Ichsan sebagai Carateker DPD KNPI Buton berdasarkan surat keputusan tertanggal 12 Agustus 2019.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.