Festival Pesona Budaya Tua Buton

Gowes Nusantara Kembali Dihelat di Kendari, Hadiahnya Banyak

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari kembali menyelenggarakan Gowes Nusantara pada 15 September 2019.

Gowes Nusantara merupakan agenda kali ketiga diselenggarakan di Kota Kendari. Tema sebelumnya digelar, yakni Gowes Pesona Nusantara pada 2017 dan Sepeda Nusantara pada 2018.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dikmudora Kota Kendari, Darwis, mengatakan agenda nasional bersepeda santai ini diinisiasi Kemenpora, setelah resmi diluncurkan pada 20 April 2017 di Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Sementara di Provinsi Sulawesi Tenggara, katanya, ada tiga daerah dipilih menjadi lokasi pelaksana program olahraga tersebut, yaitu Kabupaten Muna Barat, Kolaka, dan Kota Kendari.

“Rencana pertengahan September gowes kita laksanakan. Jadi sudah kali ketiga, pertama itu kita mulai di Agustus 2017, Kemudian 16 September di 2018 dan tahun ini kita rencanakan pada 15 September,” terang Darwis, Senin (2/9/2019).

Gowes diadakan tidak lain untuk menggelorakan, mendorong, dan memotivasi masyarakat menjalankan pola hidup sehat melalui program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan bersepeda.

“Gowes juga menjadi ajang silaturahmi antarwarga sehingga semangat persatuan dan kesatuan bangsa terus meningkat dan tetap terjalin lewat olahraga,” tambahnya.

Ditargetkan ribuan peserta akan memadati gowes kali ini. Selain masyarakat, bersepeda turut diikuti sebagai instandi dan komunitas.

“Pendaftaran gratis, yang ingin mendaftar langsung ke Kantor Dikmudora Jalan Balai Kota III samping Kantor Disdukcapil Kota Kendari. Nanti itu banyak hadiah menarik yang disiapkan panitia mulai dari sepeda, kulkas, TV, dan masih banyak hadiah menarik lainnya, ” ucap Darwis.

Pendaftaran Gowes Nusantara dibuka sejak 29 Agustus lalu sampai 23 September mendatang. Rencananya, rute perjalanan mulai dari depan Kantor Wali Kota Kendari-memutar jalan lingkar/by pass-Kantor Wali Kota Kendari. (Adv)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.