Jaga Kerukunan Umat Beragama dan Etnis FKUB Adakan Dialog, Berikut Pesan Wali Kota 

SULTRAKINI.COM: KENDARI- Menjaga kerukunan antar umat beragama dan etnis di Kota Kendari, Forum Keluarga Umat Beragama (FKUB) Kota Kendari komitmen menjaga toleransi dengan menggelar dialog keumatan, Rabu (10/3/2021).

Dialog sekaligus dirangkaikan dengan deklarasi kebangsaan antar tokoh agama di Kota Kendari itu di hadiri dan dibuka langsung oleh Wali Kota Kendari.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, diskusi dan deklarasi kebangsaan tersebut merupakan saat yang tepat untuk mencapai cita-cita Kota Kendari hidup rukun dan damai.

“Saya berfikir semua agama dan budaya setuju bahwa hidup ini akan bisa kita jalankan ketika kita bisa saling menghargai dan memahami, sehingga kita bisa hidup berdampingan dan selaras. Saya kira itu yang menjadi cita-cita di Kota Kendari,” ucap Sulkarnain.

Lebih lanjut Sulkarnain Kadir berharap, agar momentum ini dimanfaatkan oleh pemuda untuk membangun Kota Kendari.

“Hal seperti ini yang kita butuhkan apalagi disaat kita menghadapi pandemi Covid-19 saat ini, kita perlu bersatu. Mudah-mudahan deklarasi ini tidak hanya menghadirkan semangat tetapi sekaligus menjadi momentum untuk anak muda untuk membangun Kota Kendari,” pinta Sulkarnain.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Kendari Samsuri mengatakan, dialog dan deklarasi kebangsaan tokoh agama dan etnis ini dilaksanakan untuk Indonesia yang aman, rukun, dan damai.

“Sebagai organisasi kemasyarakatan yang berbasis pada pemuliaan nilai-nilai keagamaan FKUB berperan sebagai pengemban toleransi beragama, sebagai penasehat atau advokasi pembimbing toleransi, substansi di tengah-tengah masyarakat yang agamis,” ungkap Samsuri.

Kata dia, kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang merupakan perwakilan etnis paguyuban di nusantara yang menggambarkan Kota Kendari.

“Dalam poin deklarasi ini mendukung dan siap mengembangkan program toleransi beragama yang menghargai perbedaan dalam berkeyakinan dan kebudayaan, yang diikrarkan oleh 50 peserta dari dialog dan deklarasi,” ucap Samsuri.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Kendari Subhan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (B)

Laporan: Riswan
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.