SUARA

Panen Raya di Desa Togomangura, Pemda Buton Janji Beli Hasil Tani Warga

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pelaksana Tugas Bupati Buton, La Bakry menghadiri panen raya padi ladang di Desa Togomangura, Kecamatan Lasalimu pada Minggu, 4 Maret 2018. Pada kesempatan itu La Bakry mengatakan akan membeli semua hasil pertanian seperti jagung dan lainnya di daerah itu khususnya Togomangura dengan syarat harus ada dilaporkan ke pemerintah atau instansi terkait.

“Soal hasil-hasil pertanian itu kita akan beli, tapikan sampai saat ini tidak ada informasi,” kata La Bakry di lokasi panen raya kepada sejumlah awak media.

Menurutnya, selama ini pemerintah membuka ruang untuk menampung hasil pertanian, hanya saja tidak ada informasi berapa dan jenis hasil tani apa yang diproduksi. Hal itu diakuinya terkendala pada kurangnya penyuluh pertanian sehingga terjadi mis komunikasi antara petani dan pemerintah.

“Kalau ada informasi saya bisa kontak juga di Kendari, karena mereka sudah dijamin berapapun yang diproduksi akan dibeli,” ujarnya.

Terkait keluhan masyarakat setempat, lanjutnya, yang pernah menjual hasil taninya ke Bulog namun ditolak karena tidak sesuai dengan target produksi yang dihasilkan. Dirinya meminta kepada masyarakat agar proaktif memberikan informasi hasil produksi tani mereka ke pemerintah.

“Saya kira Bulog juga relevan ketika menolak itu, karena banyak hal yang harus dipertimbangkan, maka dari itu saya harap masyarakat proaktif memberikan informasi kepada pemerintah, bisa melalui kepala desanya atau Dinas Pertanian sehingga kita bisa antisipasi,” jelas La Bakry.

yamaha

Untuk menunjang produksi hasil pertanian masyarakat, pemerintah melalui Dinas Pertanian terus memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, dan pembasi hama secara gratis.

Diwaktu yang sama, Kepala Desa Togomangura, Rudin mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Pemda Buton yang mau menampung dan membeli hasil tani masyarakatnya. Karena diakuinya memang selama ini pihaknya terkendala pada pemasaran.

“Alhamdulillah dengan adanya komitmen Pemda mau menampung dan membeli hasil tani masyarakat, bisa membuat semangat masyarakat untuk lebih giat lagi menanam, baik itu jagung hibrida maupun padi,” kata Rudin penuh syukur.

Untuk diketahui, ide dilaksanakannya panen raya yang baru kali pertama tersebut berawal dari generasi muda setempat bersama Kepala Desa Togomangura, Rudin di puncak Lapambai tempat dilaksanakannya panen raya.

Panen ini dilaksanakan sekira pukul 11.30 Wita tadi yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Buton Azizu, Kepala DPMPD Alimani, Camat Lasalimu Samiuddin, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Tongomangura kepala desa, dan masyarakat setempat. Di mone ini, La Bakry juga menyerahkan bibit kepada para petani.

 

Laporan: La Ode Ali

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.