Polres Baubau Inisiasi Rapid Test Massal di Pasar Wameo

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Dalam rangka HUT Bhayangkara ke- 74 Tahun 2020, Polres Baubau bekerjasama dengan Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kesehatan dan BPBD melaksanakan kegiatan rapid tes massal di Pasar Wameo pada hari Minggu, 21 Juni 2020.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari, mengatakan sedikitnya 700 alat rapid test disiapkan dalam rangka kegiatan rapid tes massal secara gratis di Pasar Wameo.

“Lokasi ini sengaja dipilih karena berdasarkan pertimbangan dimana pasar Wameo merupakan salah satu pusat perbelanjaan di Kota Baubau,” ucap AKBP Zainal, Minggu (21/6/2020).

Menurut Zainal, pasar merupakan tempat berkumpul dan berinteraksi masyarakat Kota Baubau yang cukup intens dan kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan melalui proses jual beli di pasar. Hal itu rawan terjadi penyebaran virus.

“Oleh karenanya salah satu konsen kita adalah di pasar tradisional ini. Kita juga mengharapkan agar kegiatannya ini dapat menjaring masyarakat-masyarkat, baik penjual dan pembeli atau masyarakat sekitar pasar wameo,” kata Zainal.

AKBP Zainal, mengharapkan dengan kegiatan ini bisa semakin melokalisir penyebaran virus Covid-19 dan pemerintah bisa mengambil langkah-langkah pencegahan atau lainnya.

gemilang simpeda bank sultra

“Selain itu, masyarakat yang menggunakan fasilitas yang disediakan Polres bisa memanfaatkan hasil rapid tes untuk kepentingan lainnya,” urainya.

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kota Baubau, Roni Muhtar, mengaku mengapresiasi kegiatan yang dilakukan itu sebagai rangkaian dari program pemerintah setempat khususnya gugus Covid-19 Kota Baubau. Rapid tes massal secara gratis merupakan bentuk nyata Pemerintah Kota Baubau terus bahu membahu untuk mengupayakan agar Kota Baubau tetap kondusif suasananya dan tetap terjaga keamanananya dan masyarakat terhindar dari penyebaran virus corona sendiri.

“Dimana Kapolres ini wakil ketua gugus tugas kemudian hari ini sebagai pimpinan berinisiasi untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Kita sokong dan kita dukung beliau,” kata Roni saat menghadiri kegiatan rapid tes massal.

Lanjut Roni, kegiatan ini disebut rapid tes semesta, dimana kegiatan yang sama juga sudah dilakukan sebelumnya yaitu dengan merapid beberapa kelompok masyarakat termasuk semua para nakes disemua lini, baik puskesmas maupun rumah sakit.

“Kita perlu menjalankan prokol kesehatan secara patuh. Salah satu caranya yaitu dengan keluar rumah memakai masker, harus sering cuci tangan, dan jaga jarak,” tutupnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.