SUARA

Presiden Jokowi Tak Diundang ke Kongres PAN di Kendari

SULTRAKINI.COM: Ketua Organizing Committe Kongres PAN, Eko Hendro Purnomo Memberikan Pernyataan perihal Tak diundangnya Presiden RI Joko Widodo dan pimpinan kementerian atau lembaga negara lainnya dalam pembukaan kongres V di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10 Februari 2020.

Menurut Eko, pembukaan kongres yang dilakukan tanpa mengundang Presiden Jokowi merupakan suatu hal yang disepakati oleh internal partai dan menganggap Kongres V ini acara mereka dan PAN juga tidak ingin menyusahkan presiden.

“Kami tidak mengundang tokoh-tokoh yang disebutkan tadi karena memang ini hajatan kami, tidak ingin menyusahkan beliau. Ini pesta kami, ya kami yang meramaikan,” ujar Eko, Minggu (9/2/2020) dilansir dari Tempo.co.

Kongres PAN di Kota Kendari diagendakan pada 10-12 Februari mendatang. Acara digelar di pelataran Tugu Persatuan dengan menampilkan sejumlah pagelaran seni dan budaya dari Sultra. Sejumlah artis nasional juga dijadwalkan hadir menghibur tamu undangan.

yamaha

Di sisi lain, Kongres ke V tersebut akan membahas sejumlah hal mengenai tata tertib diikuti pembahasan anggaran dasar/anggaran rumah tangga, serta isu wacana amandemen Undang-Undang Dasar 1945, angka ambang batas parlemen, pencalonan presiden, sistem pemilihan umum, dan pemilihan ketua umum PAN periode selanjutnya.

Khusus pemilihan ketua umum, informasi dihimpun Sultrakini.com, sejumlah nama menyatakan kesiapan memperebutkan kursi ketua umum PAN, yakni Ketua Umum Petahana Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Umum Petahana Asman Abnur, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Mulfachri Harahap, dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo.

Pernyataan saling dukung dan tidak mendukung mewarnai pemilihan ketua umum PAN periode selanjutnya itu. Utamanya dari sejumlah petinggi PAN di wilayah Sultra.

(Baca juga: Pertahankan Kursi Ketua, Zulhas “Karantina” Ratusan Pendukungnya Di Makassar)
(Baca juga: Tunduk Perintah Amien Rais, DPD PAN Konawe Dukung Mulfachri Harahap)
(Baca juga: Perintah Ketua Dewan Kehormatan, Umar Samiun Dukung Mulfachri Harahap)

Laporan: Nurul Sadrina Sari
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.