Rektor UHO Minta Partisipasi Aktif Alumni Mengisi Tracer Study

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Muh. Zamrun Firihu meminta para alumni berpartisipasi aktif dalam program tracer study. Alasannya, hasil tracer study dapat membantu universitas dalam mengetahui posisi lulusan yang terserap dalam dunia kerja serta menyiapkan lulusan sesuai dengan kompetansi yang diperlukan di dunia kerja.

“Sebagai rektor saya mengimbau kepada seluruh alumni UHO mendaftarkan diri dan mengisi kuesioner pada tracer study alumni UHO melalui laman tracer.uho.ac.id. Partisipasi para alumni sangat diharapkan untuk mendukung kemajuan almamater tercinta kita ke depan,” jelas Zamrun dalam wisuda gelombang kedua, Kamis (30/1/2020).

Tracer study merupakan salah satu kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dijadikan sebagai alat evaluasi kinerja perguruan tinggi. Bahkan, sekarang dijadikan salah satu syarat kelengkapan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Tracer study dimasukan sebagai kelengkapan dalam dokumen evaluasi diri yang diperlukan dalam pengajuan proposal melalui Kemdikbud,” terangnya.

gemilang simpeda bank sultra

Tracer study juga ditujukan melacak jejak lulusan atau alumni yang dilakukan dalam dua tahun setelah lulus. Hal tersebut untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja. Termasuk masa tunggu kerja dan proses pencarian kerja pertama, situasi kerja terakhir, dan aplikasi kompetensi di dunia kerja.

“Kemudian untuk mengetahui output pendidika,n yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi. Terakhir, untuk mengetahui proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi,” tambahnya.

(Baca juga: Rektor UHO Dukung Kebijakan “Kampus Merdeka”)

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

Klik untuk daftar event

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.