Wawali Baubau: Peran Pemuda Penting untuk Cegah Covid-19

SULTRAKINI.COM: Wakil Walikota Baubau, Ahmad Monianse mengatakan peran pemuda dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 sangat penting.

“Anak muda itu aset terpenting, mereka berbasis  kesukarelaan, kepedulian dan tingkat partisipasi cukup tinggi. Ketika pandemi terjadi, banyak kebingungan dan ketidakpastian di masyarakat, mau tidak mau mereka bergerak sendiri,” ujar Monianse saat menerima kunjungan relawan Covid-19 Pulau Makasar (Puma) di ruang kerjanya, Selasa (14 Juli 2020).

Menurut Monianse, kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di wilayahnya.

“Peran kaum muda dalam situasi pandemi covid-19 ini tidak dapat dikesampingkan,” kata Ketua DPC PDI-P Kota Baubau itu.

Menurutnya, keterlibatan pemuda dalam percepatan penanganan covid-19 bisa membantu pemerintah menangani pandemi covid-19.

“Apa yang telah dilakukan mahasiswa dan pemuda Puma guna melakukan pencegahan penyebaran virus corona dalam membantu pemerintah patut diapresiasi dan diberikan dukungan,” ujarnya.

Bahwa kaum muda memiliki peluang besar untuk berkontribusi dalam penanganan covid-19, baik secara langsung sebagai relawan maupun dengan menyampaikan aspirasi penanganan pandemi dari berbagai lapisan masyarakat kepada pemerintah melalui inisiatif kaum muda seperti Tim Relawan Covid-19  ini.

Sementara itu, penyebaran virus corona covid-19 di Sulawesi Teggara masih terus menunjukkan angka peningkatan, tak terkecuali di Kota Baubau. Meski pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tetapi juga perlu  peran kaum muda untuk aktif memutus mata rantai penyebaran covid-19  sangat  penting.

Perwakilan pemuda  yang tergabung dalam Tim Relawan Covid-19 Puma, Ahmad Syafiuddin, berharap keterlibatan kaum muda dapat diberi ruang secara optimal.

“Dengan semangat dan harapan untuk menyuarakan aspirasi kaum muda maupun masyarakat agar pemerintah dapat mengambil kebijakan yang tepat sasaran dalam penanganan pandemi Covid-19,” ujar Ahmad yang juga Ketua LPM Kelurahan Sukanayo.

Laporan: Azhar

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.