BPKAD Sultra Upayakan ASN Tetap Tenerima Gaji Meski Hari Libur Jika Awal Bulan

  • Bagikan
Kepala BPKAD Sultra, Basiran (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)
Kepala BPKAD Sultra, Basiran (Foto: Al Iksan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Salah satu bentuk terobosan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah dengan memberikan gaji bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tepat waktu.

Diketahui, ketika gajian biasanya bank yang bekerja sama dengan perusahaan akan mentransfer langsung sejumlah uang ke rekening pegawai bersangkutan. Entah itu bank swasta atau milik pemerintah.

Namun, tidak selamanya bank buka sepanjang bulan. Libur pekerja pun ada, semisal hari Sabtu dan Minggu. Ketika libur nasional, bank juga ikut libur. Oleh sebab itu, tidak ada transferan gaji saat itu. Biasanya, sehari setelahnya waktu hari kerja, gaji baru masuk.

Namun hal ini nampaknya tidak berlaku lagi bagi pegawai yang bekerja dalam lingkup Pemda Sultra. Yakni tiap tanggal 1 diawal bulan walaupun bertepatan dengan tanggal merah atau hari libur gaji mereka tetap diberikan.

“Karena di masa pandemi ini pegawai negeri sudah tidak ada tambahan lain, hanya mengharapkan gaji. Serta adanya keluhan, khususnya dari para guru SMA karena mereka kadang-kadang tanggal sepuluh (gajian), sehingga menyulitkan apabila sedang memiliki cicilan,” ujar Basiran, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat di temui diruang kerjanya, Selasa (3/8/2021).

Baca:   Sultra Raih Penghargaan Perekonomian Terbaik 2019

Mantan Asisten I juga mengatakan bahwa program ini telah dimulai dari bulan Agustus 2021 ini. Serta hal itu kata dia, juga telah mendapat persetujuan dari Bank Sultra selaku tempat dari semua rekening gaji PNS di lingkungan Pemda Sultra.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Bank Sultra menyanggupi untuk mentransfer gaji setiap tanggal satu walaupun hari libur, tanggal merah, hari Sabtu ataupun hari Minggu, yang jelas tanggal satu sudah masuk di rekening masing-masing ASN,” bebernya.

Dengan ketepatan ini kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan memberikan kepuasan tersendiri bagi pegawai.

“Bahwasanya pemerintah provinsi atau pak Gubernur Sultra (Ali Mazi) memperhatikan keluhan yang selama ini dirasakan oleh pegawai,” ucap Basiran.

Pria yang menjabat sejak tanggal 9 Juli 2021 sebagai KA BPKAD Sultra ini juga berharap agar semua komponen penyelenggaraan pemerintahan baik dia daerah maupun provinsi agar terus bersinergi, kompak serta bekerja sama dengan baik sehingga apapun masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan baik.

“Karena kunci keberhasilan suatu penyelenggaraan pemerintahan bilamana terjadi sinergitas antar komponen pemerintahan,” pungkasnya. (C)

Laporan: Al Iksan
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan