BPN Muna Bina Warga Desa Napalakura, Produk Pasar Tembus Luar Negeri

  • Bagikan
Pejabat Sekda Muna, Harmin dan Kepala BPN Muna, Rajamuddin berserta Forkopimda Muna menyaksikan produk hasil binaan di Desa Napalakura. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara memiliki kegiatan akses reform yang bekerja sama dengan Pemda Muna, rumah BUMN, BUMDes dalam membina warga Desa Napalakura dan menghasilkan produk hingga pasarnya sampai ke luar negeri.

BPN Muna kurang lebih delapan bulan bekerja dengan warga binaan menghasilkan produk, seperti abon bandeng, udang segar, dan bandeng presto.

Setelah menjadi binaan BPN, pihaknya sangat membutuhkan dukungan dari Pemda Muna agar produk ini bisa go internasional dan menjadi pemberdayaan dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

Kepala Desa yang mewakili warga binaan Desa Napalakura, Sunarti menyampaikan, produk yang dihasilkan asli dari Desa Napalakura, salah satunya bahan baku ikan yang merupakan hasil dari tambak yang ada di desa.

“Bila ingin produksi, cukup kita ambil satu gabus ikan dari tambak baru dikerjakan, begitu juga dengan udang beku. Kita produksi dengan nama bandeng presto tulang lunak.

Produk ini langsung digoreng dalam bentuk ceplok telur atau tepung sajiku atau dalam sajian yang lain,” jelasnya, Jumat (24/9/2021).

Berkat produk-produk yang dihasilkan dalam program akses reform BPN bisa mensejahterakan masyarakat di masa pandemi, terutama para ibu. Program ini juga membuat nilai membuka lapangan kerja lebih luas.

ibu alimazi

“Untuk pengiriman yang berkembang saat ini, yakni pengiriman Baubau, Kendari, Makassar, Jogja, Bandung, Jerman, dan Singapura.

Baca:   Gaji 14 PNS di Muna Segera Dibayarkan, Honorer "Gigit Jari"

Produksi sudah 12 kali dengan hitungan waktu perdua hari sudah mencetak sekitar 3.800 ekor ikan dengan pengiriman ke sasaran memiliki penghasilan Rp 32.200.000,” terang Sunarti.

Walau terbilang baru dalam membuka usaha, Warga Binaan BPN Muna sudah masuk dalam lomba teknologi tepat guna tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara mewakili Kabupaten Muna.

Sementara Pejabat Sekda Muna, Harmin dalam sambutannya mengatakan progres ini merupakan binaan dari BPN Muna yang kegiatannya sangat inovatif dan produktif.

“Semoga kita bisa mendorong Muna di sektor perindustrian dan perdagangan untuk berkolaborasi dalam kegiatan seperti ini. Pemda Muna akan membantu kegiatan seperti ini untuk mendorong kemajuan di sektor pangan,” ucapnya. (B)

Laporan: LM Nur Alim

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan