Kemenko PMK dan Wali Kota Kendari Beri Bantuan Pendidikan Kepada Yatim Piatu

  • Bagikan
Menko PMK dan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyerahkan bantuan ke yatim piatu, (Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)
Menko PMK dan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyerahkan bantuan ke yatim piatu, (Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI –  Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia dan Wali Kota Kendari bagikan bantuan kepada anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Kendari, Jumat (22/10/2021).

Sesuai dengan perintah Presiden RI jadi anak-anak yatim, piatu, maupun yatim piatu harus mendapatkan jaminan masa depan yang baik, terutama kelanjutan pendidikannya. Disamping itu semua anak-anak yatim piatu dibawah umur harus mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Kalau kedua orang tuanya meninggal maka statusnya harus dialihkan kepada wali, sehingga kartu keluarganya nanti atas nama wali sehingga bisa diupayakan untuk mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH), ” Ujar Kemenko PMK Muhadjir Effendi.

Pasalnya, kata Muhadjir, dalam penetapan PKH itu adalah basisnya kepala keluarga sehingga kalau kedua orang tuanya meninggal maka dialihkan kepada pihak pengasuhnya

Wali Kota Kendari, H. Sulkaranain Kadir mengatakan berdasarkan komunikasi dengan pihak Kemenko diminta untuk mendata seluruh korban dari musibah Covid-19 untuk diberikan bantuan sosial.

Hasilnya, terdata di Kota Kendari kurang lebih 29 anak yang orang tuanya baik itu salah satu ataupun keduanya sudah dinyatakan meninggal dunia (almarhum) mendapatkan bantuan dari Kemenko berupa fasilitas pendidikan dan pemerintah Kota Kendari lewat Baznas berpatisipasi untuk memberikan masing-masing uang 2 juta rupiah.

Baca:   Ambil Paksa Mobil Konsumen, Oknum Debt Collector di Kendari Dikeroyok Warga

“InsyaAllah anak-anak ini akan segera di daftarkan dalam data Kartu Indonesia Pintar (KIP) sehingga proses belajar dan sekolah mereka terjamin sampai tingkat SMA bahkan kalau memenuhi ketentuan akan kita proses terus ke KIP kuliah untuk mahasiswa,” ujar Sulkarnain Kadir.

Olehnya itu, lanjut dia, tidak ada lagi kekhawatiran dan keraguan bagi mereka untuk terus melanjutkan pendidikan dan berprestasi ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

“Harapannya semoga bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk peningkatan masa depan mereka,” tandas Sul sapaan akrab Wali Kota Kendari itu.

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan