Kodim 1412 Kolaka Hadirkan Ide Kreatif Wujudkan Herd Immunity Skala Mikro Berbasis RT/RW

  • Bagikan
Dandim 1412 Kolaka memaparkan pola vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity di Kabupaten Kolaka. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Kodim 1412 Kolaka menggandeng Pemerintah Kabupaten Kolaka dan Polres Kolaka mewujudkan kekebalan kelompok atau herd immunity skala mikro berbasis RT/RW.

Terobosan herd immunity skala mikro berbasis RT/RW merupakan inovasi sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19. Hal ini juga bagian dari perintah Pangdam IV/Hasanuddin untuk berinovasi dalam melaksanakan vaksinasi dan mewujudkan herd immunity di wilayah Kolaka.

Dijelaskan Dandim 1412 Kolaka, Letkol Inf Risa Wahyu Pudja Setiawan, ide Kodim tersebut guna mendukung Pemda Kolaka dalam mewujudkan herd immunity dengan menggandeng Polres Kolaka, dan Kecamatan Kolaka sebagai pilot project program inovatif tersebut.

Nantinya, Kodim 1412 Kolaka menggandeng Polres Kolaka untuk menyerbu RW berskala prioritas guna membentuk herd immunity.

“Bupati Kolaka saat menerima penjelasan ide tersebut sangat mendukung dan camat Kolaka yang memiliki wilayah titik masuk Sulawesi Tenggara antusias mewujudkan herd immunity di beberapa wilayahnya,” ucap Dandim dalam keterangan tertulis diterima Sultrakini.com, Sabtu (4/9/2021).

Tidak berhenti di situ, camat dan kepala puskesmas di Kolaka ikut mengapresiasi ide ini karena pola operasi pelaksanaan vaksinasi berkonsep skala mikro berbasis data RT/RW tersebut akan mengarah pada herd immunity tingkat kabupaten.

Sederhananya, masing-masing ketua RT akan mendata warganya yang siap divaksinasi Covid-19 mulai dari dosis 1, dosis 2, dan belum divaksin. Selanjutnya, data ini akan direkap dan dilaporkan ke tingkat desa/kelurahan oleh ketua RW sebab di tingkat ini menjadi center data untuk disinkronkan dengan data vaksinasi yang telah ada.

Baca:   TMMD Kodim 1412 Kolaka: Progres Renovasi Masjid Aere di Koltim Capai 60 Persen

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Upaya mencegah kerumunan saat vaksinasi juga menjadi perhatian. Salah satu wujudnya adalah memberikan nomor antrean vaksin pada warga sehari sebelum kegiatan vaksinasi.

“Dalam minggu ini ada tiga RW di Kecamatan Kolaka akan digelar vaksinasi karena masyarakatnya berpotensi tinggi terpapar Covid-19 lantaran terdapat banyak fasilitas umum, seperti adanya pasar raya, Pelabuhan Feri,” terangnya.

Meski masyarakat di tiga RW itu sudah tervaksinasi nantinya, tindakan pemantauan terus dilakukan sambil pihak Kodim dan Polres bersama Dinas Kesehatan Kolaka bergerak membentuk herd immunity di kecamatan lainnya.

Dandim 1412 Kolaka memaparkan pola vaksinasi untuk mewujudkan herd immunity di Kabupaten Kolaka. (Foto: Dok.Kodim 1412 Kolaka)

Letkol Inf Risa Wahyu menambahkan, pilot project membentuk herd immunity yang digelar salah satunya berlangsung di RW 1 dan RW 4, Kelurahan Lamakato, Kecamatan Kolaka.

“Hari ini 700 orang divaksinasi sebagai pilot project untuk mewujudkan herd immunity di RW 1 dan RW 4 Kelurahan Lamakato,” ucapnya sembari mempertegas program tersebut terus dilakukan hingga terwujudnya herd immunity di Kabupaten Kolaka.

Berdasarkan data gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kolaka hingga 3 September 2021, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 yaitu 2.209 orang. Sebanyak 2.085 orang di antaranya sembuh, 56 orang meninggal, dan kasus suspek discarded 318 orang.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan