Musrenbang RKPD 2019, Ini Arah Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Musrenbang RKPD tahun 2019, Rabu (27/3/2019). (Foto: Nely/SULTRAKINI.COM)
Musrenbang RKPD tahun 2019, Rabu (27/3/2019). (Foto: Nely/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari mengadakan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah tahun 2019, Rabu (27/3/2019). Pemerintah Kota Kendari telah merumuskan prioritas RKPD.

“Fokus rencana Pemkot Kendari mengangkat tema Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Infrastruktur Mendorong Pelayanan Berbasis Informasi Teknologi,” terang Wali Kota Kendari, Sulkarnain, Rab (27/3/2019).

Isu strategis yang dihadapi Pemkot Kendari yang diperoleh dari hasil musrenbang RKPD tingkat kelurahan dan kecamatan, meliputi bidang pelayanan publik, sumber daya manusia, infrastruktur, banjir, dan penanganan teluk, ekonomi dan pengentasan kemiskinan, serta lingkungan perumahan dan kawasan pemukiman.

Untuk menjawab isu tersebut, Pemkot Kendari menetapkan prioritas RKPD sebagai berikut:
1. Peningkatan pengaduan publik berbasis informasi dan teknologi;
2. Pembangunan sumber daya manusia;
3. Peningkatan dan pembangunan infrastruktur;
4. Peningkatan nilai tambah ekonomi;
5. Penataan daerah dan aliran sungai;

(Baca: Permudah Pelayanan, Pemkot Kendari Launching Aplikasi E-Humas)

(Baca juga: Wajah Kota Kendari di 2019 Berbasis Digital)

Sulkarnain menjelaskan, tema tersebut sejalan dengan pembangunan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggra yang juga mengusung peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur dasar dan kewilayahan untuk pemerataan dan penyempurnaan. Termasuk sejalan dengan erncana nasional pemerintah 2020, berupa pembangunan SDM yang berkualitas.

Baca:   73 Sekolah di Kendari Direnovasi, SD Terbanyak

Sinkronisasi arah dan kebijakan pembangunan pemerintah tersebut diharapkan mendorong dan mempercepat pembangunan daerah.

“Pelaksanaan pembangunan yang baik tentunya dimulai dari perancangan yang baik. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan, semakin tinggi tingkat keberhasilan pembangunan,” ucap Sulkarnain.

Musrenbang RKPD tahun 2019 dihadiri oleh wali kota Kendari, sekretaris daerah Kota Kendari, kepala DPRD Kota Kendari, anggota Forum Komunikasi Pemilihan Daerah Kota Kendari, kepala Kejari, kapolres Kendari, Bappeda Sultra, kepala Pimpinan Organisasi Daerah se-Kota Kendari, camat/lurah, PD Pasar, kepala puskesmas, kepala SD/SMP/SMP se-Kota Kendari, ketua MPM Kecamatan se-Kota Kendari, perwakilan Forum Anak, serta kepala OPD se-Kota Kendari. (Adv)

Laporan: Ade Putri&Nely
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan