Kuliner Khas Sultra akan Melengkapi HPS 2019 di Kendari

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pemerintah Kota Kendari kian memantapkan persiapan pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Provinsi Sulawesi Tenggara yang dipusatkan di Kota Kendari pada 16 Oktober 2019. Sekitar 30 ribu orang pengunjung dari luar Sultra nantinya disuguhkan kuliner lokal daerah.

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari, Nismawati memastikan kesiapan menjamu tamu-tamu pada HPS Oktober mendatang dengan sajian khas Sultra. Termasuk mengajak pemilik hotel, restoran, rumah makan untuk turut andil menyediakan kuliner tersebut.

“Harapan kita, hotel, restoran maupun rumah makan bisa menjamu tamu-tamu kita dari negara lain bahkan dari provinsi lain dengan baik. Tentunya juga menyajikan pangan lokal khas Sultra, seperti songgi, kabuto, dan kasuami,” terang Nismawati, Juamt (2/8/2019).

(Baca: Hari Pangan Sedunia di Kendari, Pemkot Imbau Kuliner Lokal Dominasi Menu Hotel dan Restoran)

(Baca juga: Kenalan dengan ‘Sikkato’, Makanan Lokal Sultra yang Perlu Dicicipi)

Kepala Dinas Pangan Kota Kendari Nismawati (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

HPS juga nantinya disambut dengan Festival Pangan Lokal di Taman Kota Kendari yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Pusat bekerjasama dengan TP PKK pusat dimana pesertanya berasal dari 34 provinsi.

“Rencananya ada lomba cipta menu yang akan diikuti pengurus PKK di 34 provinsi yang berlangsung di Taman Kota,” jelas Nismawati.

Selain itu, makanan pangan lokal akan disuguhkan untuk tamu-tamu asing dari negara-negara tetangga pada acara welcome dinner di Rumah Jabatan Wali Kota Kendari.

“Ada salah satu kegiatan nanti di hari pertama duta-duta besar tiba akan disambut dan dijamu oleh Wali Kota di acara dinner di Rujab Wali Kota. Di sana juga akan disuguhkan pangan lokal, seperti layaknya makanan hotel tetapi berbahan baku makanan lokal seperti kasuami, kota akan kerja sama dengan salah satu chef,” tambahnya.

Pemkot juga telah bertemu pemilik hotel, penginapan, wisma untuk menginventarisir dan menyiapkan kamar pada saat tamu HPS bertandang ke Sultra.

“Kita sudah rapat dengan pemilik hotel, kita sampaikan untuk membenahi tempatnya, kebersihannya dan meningkatkan pelayanan. Kita ingin tamu yang berkunjung ke Kota Kendari merasa nyaman,” ucapnya.

Perlu diketahui, Presiden RI, Joko Widodo dijadwalkan menghadiri peringatan HPS, para duta negara sahabat, petinggi Organisasi Pangan dan Pertanian dunia atau Food and Agriculture Organization (FAO) maupun instansi Dinas Pangan se-Indonesia. (Adv)

(Baca: Presiden RI Bakal Hadiri Hari Pangan Sedunia di Kendari)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.