Semarakan HUT Kebun Raya Bogor ke 205, Kebun Raya UHO Turut Lakukan Penanaman Pohon

  • Bagikan
Kepala UPT Kebun Raya UHO, Dr Ir Hj Sitti Leomo, MSi bersama jajaran dan mahasiswa Kehutanan UHO. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Kepala UPT Kebun Raya UHO, Dr Ir Hj Sitti Leomo, MSi bersama jajaran dan mahasiswa Kehutanan UHO. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kebun Raya Bogor ke- 205, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Ilmu Hayati dan Kebun Raya Universitas Halu Oleo (UHO) turut menyukseskan dengan melakukan aksi penanaman pohon serentak, Rabu (17 Mei 2022).

Semarak HUT Kebun Raya Bogor dimeriahkan dengan penanaman spesies pohon yang dipusatkan di Kebun Raya Indonesia. Kegiatan tersebut dihadiri 34 perwakilan Kebun Raya Daerah dan Kebun Raya yang dikelolah beberapa universitas baik secara offline maupun online.

loker wartawan sultrakini

Kepala UPT Kebun Raya UHO, Dr Ir Hj Sitti Leomo, MSi mengatakan, masing-masing Kebun Raya Daerah dan Kebun Raya Universitas menyiapkan jenis-jenis tanaman yang ditanam. Di Kebun Raya UHO sendiri menyiapkan delapan jenis tanaman dengan jumlah individu sebanyak 30.

Dosen Fakultas Pertanian ini menjelaskan, jenis tanaman yang ditanam Kebun Raya UHO merupakan jenis endemik Sulawesi dan terancam punah, antara lain, Pooti (Hopea gregaria) 11 indvidu, Polyalthia sp 7 individu, Mallotus sp 4 individu, Dacroides rostata 5 individu, Ficus riedilii 1 individu, Ficus Albipida 1 individu, Ficus variegata 1 individu dan Polyscias sp 1 individu.

Penanaman pohon ini juga dihadiri Sekretaris UPT Kebun Raya Albasri SHut, MHut, dua staf Kebun Raya yakni Muhammad, SP dan Gusti Ayu Putu Maya Kumala Sari,SP dengan melibatkan mahasiswa dari PC Sylva Kehutanan Fakultas Kehutanan dan ilmu Lingkungan (FHIL) UHO kurang lebih 30 Mahasiswa,” ungkapnya, Rabu (18 Mei 2022).

Baca:   Bunda PAUD Sultra: Jangan Sia-siakan Peran dan Tugas Bunda PAUD

Dr Leomo menambahkan, jenis tanaman yang ditanam ini merupakan hasil tanaman koleksi dari Kebun Raya UHO yang selama ini didomestikasi di Lokasi Pembibitan Kebun Raya UHO.

“Kegiatan penanaman serentak ini juga dilakukan dalam rangka mengkonservasi jenis-jenis tanaman yang terancam punah dan jenis-jenis yang menjadi sumber kehidupan bagi fauna yang hidup di dalam maupun di sekitar Kebun Raya UHO,” tutup istri Wakil Bupati Muna itu.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan