UHO: Besaran Uang Pangkal Tergantung Pilihan Prodi

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Ilustrasi. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wakil Rektor I Universitas Halu Oleo, La Hamimu, menerangkan besaran uang pangkal pada Jalur Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SMMPTN dipengaruhi oleh pilihan program studi di UHO.

“Jurusan Kedokteran uang pangkalnya ada 450 juta rupiah (minimal Rp150 juta), ada juga beberapa jurusan uang pangkalnya paling rendah 500 ribu rupiah saja,” kata La Hamimu, Selasa (10/7/2018).

Nominal uang pangkal akan semakin mahal terhadap prodi yang difavoritkan. Tujuannya, memberikan ruang pengisian untuk prodi yang peminatnya minim. Sebab, banyak prodi belum memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru, misalnya Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Teknologi Ilmu Kebumian dari total secara keseluruhan 79 prodi yang dibuka di jalur tersebut.

ibu alimazi

“Uang pangkal bervariasi, karena ada prodi yang kurang peminatnya dan ada prodi yang banyak peminatnya,” ujar La Hamimu.

Prodi dengan uang pangkal rendah, seperti di Fakultas Pertanian: Prodi Ilmu Tanah, Produksi Tanaman, Penyuluhan Penelitian. Fakultas Teknologi Ilmu Kebumian: Prodi Geografi, serta prodi di Fakultas Ilmu Budaya.

 

Laporan: Rifin
Editor: Sarini Ido

Baca:   Target Aspal Buton Merajai Pasar Indonesia, Ali Mazi: Harapnya Pemanfaatannya di Sultra Dulu
  • Bagikan