Wartawan SultraKini.com Dapat Penghargaan Dari OJK Sultra

  • Bagikan
Kepala OJK Sultra, Mohammd Fredly Nasution menyerahkan Penghargaan Dilan Award kepada Jurnalis SultraKini.com, Wa Rifin (Foto: Istimewa)
Kepala OJK Sultra, Mohammd Fredly Nasution menyerahkan Penghargaan Dilan Award kepada Jurnalis SultraKini.com, Wa Rifin (Foto: Istimewa)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Wartawan media daring (online) di Sulawesi Tenggara SultraKini.Com atas nama Wa Rifin mendapatkan penghargaan Duta Inklusi dan Literasi Keuangan “Dilan Award” Tahun 2020 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). 

Piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala OJK Sultra, Mohammd Fredly Nasution, pada acara Forum Sinergi Stakeholder dan Otoritas Jasa Keuangan (Fusion) dengan tajuk Masa Depan Milik Kita Bersama, Selasa (15/12/2020).

Wa Rifin mendapat juara II kategori jurnalis media online. Sedangkan juara I dan III kategori yang sama diperoleh media Zonasultra.com atas nama Ilham Surahmin dan wartawan Penasultra.id atas nama Yeni Marinda. Penghargaan ini diberikan sebagai tanda apresiasi OJK Sultra karena ketiga pewarta aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang inklusi dan literasi keuangan melalui pemberitaan di media online sejak Januari hingga Desember 2020.

Kepala OJK Sultra Mohammad Fredly Nasution mengatakan, piagam penghargaan diberikan untuk kategori jurnalis cetak, online dan elektronik. Hal ini sebagai bentuk apresiasi karena peran media dinilai sangat signifikan dalam meningkatkan literasi keuangan termasuk diseminasi kebijakan OJK selama masa pandemi Covid-19.

“Dilan Award kategori media merupakan bentuk apresiasi OJK Sultra atas kontribusi media dalam mengedukasi masyarakat termasuk mitra dalam peran kehumasan OJK khususnya terkait diseminasi kebijakan selama masa pandemi. Penilaiannya bukan kuantitas tetapi kualitas termasuk kreativitas pemberitaan yang dilakukan oleh media,” ungkap Fredly, Selasa (15/12/2020).

Baca:   Bangkitkan Pariwisata Potensial di Sultra, BI Perkuat Pesona Labengki dan Tanjung Malaha

Dalam sambutannya, Fredly mengatakan selama periode April sampai November 2020, realisasi aktivitas kehumasan sebanyak 385 kegiatan dengan asumsi jangkauan masyarakat dan atau pemangku kepentingan sebanyak 395.310 orang. 

“Mayoritas kegiatan kehumasan adalah berupa publikasi berita sebanyak 348 kegiatan dengan jangkauan masyarakat atau pemangku kepentingan mencapai 578.978 orang,” ujarnya.

Ia berharap media terus meningkatan kapasitas dan kualitas dalam mencerdaskan masyarakat termasuk beradaptasi dengan perkembangan era digital, khususnya media lokal di Sultra. 

“Dilan Award memang bentuk apresiasi tetapi disisi lain adalah tantangan setiap media untuk terus menjaga kredibilitas diri dalam menggapai kepercayaan,” pungkasnya.

(Baca juga: SultraKini.com Terima Penghargaan Pengguna Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar)

Sementara itu, Jurnalis Sultrakini.Com, Wa Rifin mengatakan penghargaan ini sangat memberikan motifasi untuk dirinya sendiri dalam hal meningkatkan pemberitaan-pemberitaan edukasi literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat Sultra.

“Penghargaan Dilan Award tahun ini alhamdulilah bisa mendapatkan juara dua, tahun lalu saya juara harapan satu. Semoga tahun depan bisa mempertahankan dan yang pasti penghargaan ini bukan untuk diri sendiri saja tapi untuk media online SultraKini.Com, yaitu media kepercayaan masyarakat Sultra,” ujarnya.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan