Iklan Clarion

Kapal Berisi 10 Ton BBM Terbakar di Baubau

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM), jenis solar dan minyak tanah, ludes terbakar di Pelabuhan Topa Sulaa, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (6/9/2019) sekitar pukul 11.20 wita.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Namun dipastikan 10 ton BBM yang terdiri dari 5 ton solar dan 5 ton minyak tanah yang diangkut oleh kapal KM Samudra itu, ikut ludes terbakar.

Kepala Kantor SAR Kendari, Djunaedi, mengatakan peristiwa itu terjadi saat KM Samudra hendak berlayar dari pelabuhan Sulaa menuju pulau Siompu.

Namun nahas, peristiwa tidak terduga terjadi, percikan api muncul ketika mesin kapal dihidupkan oleh salah seorang anak buah kapal (ABK).

“Api dengan cepat membakar seluruh bagian atas kapal dan BBM tersebut tidak terselamatkan,” ujar Djunaedi, Kamis (6/9/2018).

Tim Basarnas yang telah diberangkatkan menuju lokasi kejadian, berhasil mengevakuasi empat ABK dan satu orang kapten kapal.

“Seluruh penumpang dalam hal ini ABK dinyatakan selamat setelah dievakuasi oleh tim rescue SAR Baubau menggunakan rubber boat,” terangnya.

Untuk diketahui, pasca terbakar hingga kini bangkai kapal KM Samudra masih terapung di perairan sekitar pelabuhan Topaa Sulaa.

Laporan : Wayan Sukanta
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.