Pilkada koltim

Tingkatkan Minat Baca, Pemda Buton Bakal Dirikan Perpustakaan Umum

SULTRAKINI.COM: BUTON – Untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara akan mendirikan perpustakaan umum berlantai tiga yang bisa digunakan masyarakat setempat.

“Perpustakaan standar yang akan kita dirikan itu berlantai tiga, sehingga nantinya seluruh anak-anak kita, mahasisiwa kita bisa berkunjung disini,” kata Bupati Buton, La Bakry saat membawakan sambutan pada acara road show pembudayaan kegemaran membaca di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Selasa (25/9/2018).

Dengan adanya perpustakaan tersebut, lanjut La Bakry, dapat meningkatkan ilmu pengetahuan mereka sesuai dengan jurusannya masing-masing. Mengenai lokasi pembangunan dan besaran dana belum disebutkannya.

“Kan bisa meningkatkan ilmu pengetahuannya mereka sesuai dengan jurusan masing-masing diperpustakan Kabupaten Buton karena kami tidak ingin hanya aspal saja, kami ingin juga sektor-sektor lainnya,” ujarnya.

Pilkada

Selain itu, La Bakry juga berharap kepada pemerintah pusat dan Pemprov Sultra selalu melakukan kunjungan di Kabupaten Buton karena begitu dapat menjadi inspirasi untuk peningkatan kapasitas pemerintah setempat. Terlebih masih kata La Bakry, posisi daerah yang dipimpinnya itu termasuk salah satu daerah yang cukup jauh dari Ibukota Jakarta.

“Untuk itu kami mengharapkan dukungan pemerintah pusat terkhusus pihak perpustakaan nasional untuk memudahkan program pemerintah Kabupaten Buton dalam meningkatkan sumberdaya manusia selain sumberdaya alam,” harapnya.

Ditempat yang sama, Pelaksana Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sultra, Wa Gola, menjelaskan pemerintah Sultra beberpa tahun terakhir telah menyalurkan beberapa bantuan buku kepada lembaga dan perpustakaan yang ada di Sultra melaui APBD.

“Ini kita lakukan sebagai wujud kepedulian pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Sulawesi Tenggara, namun untuk Buton tahun ini belum ada,” kata Wa Gola.

Laporan: La Ode Ali
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.