Kendari Kekurangan 500 Guru Kelas PNS

  • Bagikan
Kasi PTK Dikmudora Kendari, Amran. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM).
Kasi PTK Dikmudora Kendari, Amran. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARIDinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari menyampaikan bahwa ada saat masih kekurangan 500 guru kelas yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Perlu diketahui, Kekurangan tersebut terjadi pada jenjang pendidikan SD.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidik dan Tenaga Kependidikan (TPK) Dikmudora Kendari, Amran, menuturkan hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 lalu belum memenuhi kebutuhan guru kelas PNS di Kota Kendari. Untuk saat ini pihaknya memberdayakan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

“Kami memanfaatkan tenaga P3K untuk mengatasi kekurangan guru kelas PNS yang ada di SD. Selain itu, kami juga menggabung sembilan SD dengan harapan mengurangi kekurangan guru kelas PNS ini,” ungkapnya, Senin, (18/3/2019).

Dia mengungkapkan, guru kelas berstatus PNS yang ada di Kota Kendari saat hanya dua hingga tiga orang dalam satu sekolah. Pihaknya berharap dalam seleksi CPNS formasi untuk guru kelas SD bisa menjadi perhatian utama.

“Kami berharap formasi guru bisa diprioritaskan, kendati satu pertimbangannya adalah kemampuan APBD untuk pembayaran gaji,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Baca:   Pemkot Kendari Terus Sosialisasikan Aplikasi TPP Online
  • Bagikan