DPRD Dukung Usulan Enam Raperda Kota Baubau 2021

  • Bagikan
Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau menyampaikan tanggapan dari lima Fraksi terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan Pemerintah Kota Baubau di Aula Rapat DPRD, Rabu (10 Februari 2021).

Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari mengatakan enam Raperda usulan diterima oleh lima Fraksi yang ada di DPRD Kota Baubau diantaranya Fraksi Amanat Kebangkitan Berkarya, Fraksi Bintang Perjuangan Pembangunan, Fraksi Gerindra Sejahtera, Fraksi Nasdem Golkar, dan Fraksi Hanura Perindo dan masing-masing Fraksi menyatakan dukungannya terhadap Raperda tersebut.

“Kesimpulan tadi bahwa kelima Fraksi itu setuju dan akan melanjutkan ketahapan selanjutnya tapi ada beberapa poin yang menjadi catatan Pemkot. Poin-poinnya itu diantaranya terkait dengan penggabungan atau pembentukan OPD baru harus  betul-betul dilihat dan berdasarkan dengan aturan-aturan,” kata Zahari seusai mengikuti Rapat Paripurna dewan, Rabu (10/1/2021).

Kata Zahari, keseriusan Pemkot dalam mengubah atau membentu OPD baru sangat ditekankan oleh setiap Fraksi sehingga diharapkan dapat dipertimbangkan efektifitasnya dan fleksibilitas dari penggabungan ataupun pembentukan OPD yang agar benar-benar efektif dan efisien baik dari pembagian tugas, kewenangan, bahkan dari segi lainnya.

Senada dengan Juru Bicara Fraksi Amanat Kebangkitan Berkarya, Masri, saat menyampaikan pandangan mewakili fraksinya berharap Raperda tersebut dapat dimaknai sebagai upaya optimalisasi potensi daerah guna peningkatan pelayanan lebih baik kepada masyarakat.

Baca:   DPRD-Pemkot Bahas Raperda APBD-P 2020

Hal tersebut diharapkan dapat dilakukan secara cermat yang didasari dengan evaluasi dan kajian akademi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

“Pemerintah daerah harus mengakomodir berbagai urusan untuk kebutuhan dan kepentingan masyarakat sehingga dapat mengkontribusi terhadap percepatan pembagunan daerah Kota Baubau,” tegas Masri. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin


  • Bagikan