Festival Pesona Budaya Tua Buton

Wonderful Sail di Buton Utara Disambut Positif, Wisatawan Ajak Warga Jaga Lingkungan

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Dalam rangka Wonderful Sail to Indonesia 2019 di Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara dan Festival Bharata Kulisusu pada 11-14 Agustus ditanggapi positif oleh wisatawan mancanegara yang tergabung dalam perjalanan Wonderful Sail.

Pemandu Wisata, Rauf, mengatakan tujuan wisatawan ke Butur yaitu ingin mengetahui budaya lokal dan membagi pengalaman tentang cara memelihara kebersihan lingkungan terutama dari sampah plastik. Wisatawan juga berkunjungan ke sekolah-sekolah untuk memberi tips belajar bahasa inggris dan edukasi tentang bahaya sampah plastik.

Wisatawan mancanegara dalam Wonderful Sail to Indonesia 2019 di Butur, Sultra. (Foto:istimewa).
Wisatawan mancanegara dalam Wonderful Sail to Indonesia 2019 di Butur, Sultra. (Foto:istimewa).

“Mereka sangat positif, mereka sangat menikmati diskusi dengan anak-anak sekolah dan kagum dengan kecerdasan berpikir anak-anak SMA di Butur,” ujar Rauf, Kamis (15/8/2019).

Di sela-sela kunjungan itu, wisatawan turut diberikan cinderamata kerajinan tangan masyarakat Butur, misalnya keranjang rotan, nyiru, parang, tikar anyaman daun palem, dan baju adat jahitan lokal.

“Harapannya mereka (wisatawan) tempat-tempat wisata di Butur terus dikelola dengan baik dan terpelihara keaslian dan kebersihannya. Generasi muda khususnya anak-anak sekolah agar kecerdasan berpikir berbanding lurus dengan kecerdasan dalam tindakan di lapangan,” ucapnya.

Di satu sisi, lanjutnya, pagelaran budaya Butur lebih diintensifkan seiring didukung promosi digital.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.