Turunkan Potensi Konflik, Forum Keserasian Sosial Dibentuk di Kelurahan Nganganaumala Baubau

  • Bagikan
Dialog tematik Forum Keserasian Sosial "Wakaaka" di Kelurahan Nganganaumala, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sebagai daerah yang memiliki kerawanan sosial, Kelurahan Nganganaumala menjadi daerah terpilih terbentuknya forum keserasian sosial, dalam rangka menurunkan potensi negatif dengan upaya-upaya positif melalui kerja forum.

Forum Keserasian Sosial dinilai sangat penting untuk membangun perdamaian di tingkat kelurahan, khususnya pada daerah konflik.

Menurut Hasruddin Mukmin dalam materinya, forum tersebut untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sisial yang serasi dan harmonis dan dilandasi oleh nilai kebersamaan, toleransi, saling menghargai di lingkungan masyarakat.

Bentuk kegiatan keserasian sosial, berupa kegiatan fisik maupun nonfisik dengan melibatkan unsur masyarakat. Dalam hal ini, programnya baru dapat diwujudkan dalam bentuk kegiatan fisik, seperti pembangunan sarana jalan kampung, rehabilitasi sarana ibadah, pembuatan lapangan olahraga, rehabilitasi saluran air lingkungan, pengadaan air bersih, pembuatan sarana penerangan lingkungan, dan pembuatan tugu keserasian sosial.

“Kebetulan yang dibangun sarana olahraga lapangan voli di Nganganaumala. Forum dibuat ketika ada program dan kebetulan Kota Baubau hanya mendapatkan satu kuota tahun ini,” ucap Mantan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kota Baubau itu.

Forum ini juga bersinergi dengan perangkat kelurahan, pihak keamanan, dan tokoh masyarakat kelurahan setempat.

Diharapkan, terbentuknya forum tersebut bisa meminimalisir potensi konflik, paham radikal, dan hoaks dengan cara mewujudkan keharmonisasi sosial dan menciptakan suasana kondusif di lingkungan masyarakat.

Baca:   Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Kapolres Konawe Utara Buat Perpustakaan Keliling 

“Sehingga terciptanya masyarakat yang memiliki ketahanan sosial,” katanya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan